Biro Administrasi Akademik Universitas Tulungagung


Sesuai dengan jabaran tugas dalam struktur organisasi Universitas Muhammadiyah Surabaya, BAA mempunyai tugas sebagai berikut:

1. Biro Administrasi Akademik dipimpin oleh kepala yang diangkat oleh dan bertanggung jawab kepada Rektor, selanjutnya disingkat dengan BAA.
2. BAA mempunyai tugas dan fungsi
  • Menyusun program kerja BAA
  • Mengelola layanan dan pengelolaan data transaksi akademik.
  • Mempersiapkan penyusunan kalender akademik.
  • Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa.
  • Melaksanakan pelayanan di bidang administrasi akademik.
  • Melaksanakan pelaporan kegiatan akademik secara berkala ke Kemenristek Dikti.
  • Melaksanakan update data kelembagaan (izin perguruan tinggi).
3. Biro Administrasi Akademik (BAA) terdiri atas beberapa bagian, diantaranya :

a. Bidang administrasi dan evaluasi akademik yang mempunyai tugas :
· Melaksanakan layanan administrasi pindah kuliah, cuti kuliah, aktif kembali, pengunduran diri mahasiswa, pindah studi, dan surat-surat keterangan lain.
· Melaksanakan layanan administrasi KRS dan KPRS.
· Melaksanakan layanan administrasi persiapan ujian tengah semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester, (mencetak daftar hadir ujian, berita acara, dan kartu ujian).
· Melakukan evaluasi herregistrasi KRS/KPRS tiap semester.
b. Bidang dokumentasi data base. mempunyai tugas pokok :
· Menyiapkan data base
· Mengelola dan menerbitkan KTM, ijazah, transkrip nilai.
· Menyimpan dokumen mahasiswa (salinan ijazah SMA, NEM, akta kelahiran, dan lain) dan data lulusan (transkrip, ijazah data alumni), dan dokumen lainnya.
· Menyiapkan buku induk, soft copy back up data KHS, dan data KRS..
c. Bidang pengolahan data akademik.mempunyai tugas :
· Mengoordinasi, memonitoring, dan menyusun laporan sernester, serta melakukan validasi pada Cybercampus
· Mengoordinasi, memonitor, dan memproses perpanjangan izin operasional dan akreditasi.
· Memonitor evaluasi status akademik mahasiswa dan program evaluasi masa studi.
· Support data yang dibutuhkan pada Pangakalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemenristek Dikti.
d. Bidang Pengolahan Data PDDIKTI
· Update data mahasiswa pada PDDIKTI sesuai dengan status.
· Input data mahasiswa baru pada PDDIKTI pada setiap semester.
· Input transaksi mahasiswa pada PDDIKTI pada setiap semester.
· Input data mahasiswa peserta yudisium beserta nomor Ijazahnya pada PDDIKTI pada setiap semester.
1325x